Takut Anak Terkena Pergaulan Bebas

Mbak Lily, saya wanita singleparent berputri satu usia 17 tahun. Anak putri saya ini sudah tidak mau sekolah lagi, kalau dibilangi selalu marah, dan ujung-ujungnya pergi begitu saja. Akhirnya putrinya saya ikut home schooling, tapi akhir-akhir ini ia pingin kos sendiri. Saya tinggal di Sentul, dan anak saya maunya tinggal di Jakarta.

Harus dibaca juga..

Saya benar-benar stress nih Mbak. Apa dia kena pengaruh teman yang katanya dekat dengan dia ya (semacam pacar lah)? Saya semakin takut kalau terjerumus pergaulan bebas, Mbak. Tolong kasih solusi. Saya benar-benar ingin membesarkan dia. Saya kerja keras, pontang panting, tapi dia nggak begitu patuh dan nggak tau perjuangan orang tuanya seperti ini.

Apa yang mesti saya lakukan? Apa harus ada doa-doa khusus?

Terimakasih.
Wassalamualaikum wr. wb.
Miranda – Bogor — Jawa Barat

JAWAB:
Ya, saya turut prihatin. Dalam pertumbuhan putri ibu yang menanjak pubertas, ia butuh perhatian lebih. Kebetulan yang memperhatikan cowok, jadi gampang terpengaruh. Apalagi ibu sibuk kerja. Coba sekarang mulai sedikit fokus untuk waktu-waktu bersama putri ibu, misalnya ibu jangan pulang malam, sore sudah di rumah. Anak seusia dia harus dilatih disiplin, misalnya belajar mencuci baju sendiri, menyapu lantai setiap hari, dan belajar terus menerus mendoakan kedua orang tuanya setiap habis sholat.

Kadang putri ibu merasa terpenjara oleh kasih dan perlindungan ibu yang berlebihan. Dia memang mulai ingin bebas. Tapi bahaya kalau dilepas begitu saja. Coba ajak anak ibu ke toko buku seminggu sekali, belikan buku cerita berhikmah, belikan DVD film religius, luangkan waktu setiap minggunya.

Coba ibu mulai beri contoh setiap hari ibu membaca Al-Qur’an satu lain saja, biar dia yang mendengarkan. Lalu doakan dan peluk si putri. Pelan-pelan akan berubah. Semoga perjuangan ibu mendapat perlindungan RahmatNya, Amin.

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.