Nyamuk yang Membuat Ibrahim al Khawash Menjerit

Harus dibaca juga..

Ibrahim al Khawash dikenal sebagai ulama ahli tasawuf yang menjadi rujukan dan panutan ulama setelahnya. Beliau hidup sezaman dengan Junaid dan Imam An Nuri. Banyak hikmah kisah tentang ulama yang dijuluki imamnya orang yang bertawakal. Salah satunya kisah nyamuk yang membuat Ibrahim al Khawash menjerit.

Dikisahkan pada suatu Syekh Ibrahim al Khawash bepergian bersama dengan temannya bernama Hamid al Aswad. Dalam perjalanan tersebut, keduanya sempat menginap satu malam di sebuah desa. Saat tengah malam tiba, segerombolan hewan buas mendatangi Syekh Ibrahim dan kawannya itu.

Karena takut, Hamid al Aswad akhirnya naik ke pohon menghindari serangan binatang tersebut. Sedangkan Syekh Ibrahim al Khawash nampak tenang-tenang saja. Sepertinya beliau tidak terpengaruh oleh segerombolan binatang buas yang mengerumuninya itu. Syekh Ibrahim malah tampak merebahkan tubuhnya dengan santai. Syekh Ibrahim kemudian tertidur dan binatang buas itu hanya bisa mencium dan menjilati tubuhnya.

Pagi pun datang. Hamid Aswad keheranan dengan apa yang dilihatnya semalam. Perjalanan kemudian dilanjutkan hingga sapi ke sebuah masjid. Mereka berdua istirahat sejenak. Tiba-tiba Syekh Ibrahim menjerit dengan keras. Setelah ditelusuri ternyata beliau digigit nyamuk. Tentu kejadian ini membuat Aswad geleng kepala keheranan.

“Apa yang sebenarnya terjadi. Mengapa hanya digigit nyamuk engkau menjerit? Sedangkan semalam engkau dikerumuni binatang buas tidak merasa takut sedikitpun,” tanya Aswad.

“Aku tidak takut dengan kerumunan binatang buas yang mengerumuniku karena Aku bersama Allah SWT. Sedangkan aku digigit nyamuk kemudian menjerit karena aku bersama diriku sendiri,”jawabnya. Mendengar jawaban itu Aswad hanya terdiam dan merenungkan apa disampaikan Syekh Ibrahim.

Itulah kisah nyamuk yang membuat Ibrahim al Khawash menjerit. Ibrahim Al-Khawwas termasuk yang masyhur tingkat kewaliannya.Beliau wafat sekitar tahun (291 H) (Nurul Huda/ dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.