Kebangkitan

 

Harus dibaca juga..

Kebangkitan, adalah hijrah menuju Allah dan RasulNya. Bangkit menuju kepada Allah Swt, kebangkitan jiwa, kebangkitan ruhani dengan satu titik ke depan, Tititik Ilahi. Seluruh motovasi, kehendak cita-cita, tekad, tujuan, niat hanyalah menuju kepada Allah Ta’ala.

Jika Ibnu Athaillah mengingatkan, “Jangan bergaul, atau berguru, kepada orang yang ucapan dan tindakannya tidak mengajakmu menuju kepada Allah.” Maka, itulah standar ruhani sebuah gerakan kebangkitan mana pun, akan mengalami distorsi, degradasi, bahkan keruntuhan, apabila semangat menuju Allah Ta’ala beralih ke semangat duniawi.

Ada kebangkitan lahiriyah, dengan menata disiplin syariah. Ada kebangkitan qalbu, dengan memegang akidah tauhid. Ada kebangkitan rahasia qalbu, dengan memandang segalanya di sana senantiasa Allah, jika tidak, kita yakin senantiasa dipandang olehNya.

Namun, jika hari ini kita menyesali hari-hari berlalu penuh keterpurukan ruhani, janganlah putus asa, karena ampunan dan rahmatNya lebih luas dari segalaNya. Jika kita terlalu optimis dengan semangat bangkit, janganlah terburu oleh hawa nafsu, sebab Allah Swt, bisa menyiksa kita tanpa harus disalahkan sama sekali.

Awali kebangkitan dengan kehambaan kita: Kehinaan kita di hadapanNya, kefakiran kita padaNya, ketakberdayaan kita dan kelemahan kita, agar kita mulia bersamaNya, cukup denganNya, kuat bersamaNya, mampu karenaNya.

KHM. Luqman Hakim

 

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.