Tidak Saling Mengklaim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pak ustadz  Yth, apakah benar bahwa thoriqoh Naqsyabandiah adalah thariqoh yang tertua/induk segala thariqoh? Hal ini pernah dijelaskan oleh teman saya dengan

Harus dibaca juga..

alasan bahwa yang membawa thariqoh ini adalah Sayyidina Abu Bakar Shiddiq ra (sahabat Rasul yang paling senior, kuat keimanannya). Mohon penjelasannya.

Terimakasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb
budimanarya[ad]yahoo.co.id

Jawab
Nah, itulah kesalahan kawan anda, dan sebagian orang-orang yang berthoriqoh, manakala ia merasa lebih hebat dibanding yang lainnya, padahal semua thoriqoh itu berasal dari Rasulullah saw. Keunggulan ahli thoriqoh bukan pada thoriqohnya, tetapi pada ketaqwaan hakiki dalam berthoriqoh itu sendiri.

Merasa superior dalam berthoriqoh malah menyebabkan terganggunya ukhuwwah antar sesama orang beriman,  sesama ahli thoriqoh, dan bahkan malah bisa menghapus pahala amalnya, karena kesombongannya.

Siapa pun harus sangat bersyukur kepada Allah swt, manakala dalam hidupnya ditakdirkan oleh allah swt,  berthoriqoh yang mu’tabaroh, apa pun thoriqohnya, asal tetap berpijak kepada Al-Qur’an dan Sunnah Nabi saw, sebagaimana diajarkan oleh para Wali yang Mursyid dan para Ulama yang saleh.

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.