Syair Sa’dun yang Membuat Khalifah Harun al Rasyid Pingsan

Sa’dun adalah sufi ‘gila’ yang penuh talenta.

Harus dibaca juga..

Sa’dun adalah salah satu sufi nyentrik yang sangat dikenal di zaman khalifah Harun al Rasyid. Selain karena dikenal kegilannnya, nasehat-nasehat serta syairnya sangat tersohor waktu itu. Banyak kisah yang dituturkan para sufi tentang sosok Sa’dun ini. Salah satunya adalah dari Abdullah bin Khalid at Thusi.

Dikisahkan Khalifah Harun al Rasyid berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Sebagai khalifah yang disegani dan terkenal hamparan permadani digelar dari Teluk Irak hingga Mekkah. Tentu ini adalah pemandangan yang luar biasa. Harun al Rasyid tampak bangga ketika berjalan di atas permadani ini diiringi berapa pengawal dan pengkutnya. Ia mengumbar senyumnya.hatinya tambapk gembira.

Kala itu perjalanan ditempuh selama berhari hari menuju Mekkah. Harunpun kelelahan dan istirahat di pemberhentian bagi musafir karena kepayahan. Ia nampak bersandar di bawah sebuah menara yang ada tempat tersebut. Saat sedang asyik-asyiknya istirahat, tiba tiba tepat di depan wajahnya Sa’dun menyodorkan mukanya. Khalifah kaget namun segera tahu siapa yang dihadapinya.

Sa’dun kemudian bersyair

“ Tinggalkanlah dunia yang telah mendatangimu

Bukankah kematian akan menjemputmua?

Untuk apakah kamu berbuat bagi dunia

Sedangkan naungan menara itu cukup untukmu

Ingatlah wahai pencari dunia,

Tinggalkan dunia ini di belakangmu

Sebagaimana masa telah membuatmu tertawa

Kelak ia akan membuatmu menangis.”

Syair yang didendangkan sa’dun membuat Khalifah Harun al Rasyid terkesima dan kemudian menjerit. Setelah terjadilah kegaduhan. Khalifah pingsan karena merenungkan kata-kata Sa’dun itu. Disebutkan bahwa Khalifah baru siuman setelah setelah melewati tiga kali waktu solat.   (Nurul Huda)

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.