Surat Pembaca Edisi Maret 2008

Belajar Hipnotis
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Kami mau menanyakan bagaimana hukumnya seorang muslim yang belajar hipnotis, telepaty, telekinetik dan reiky.
Wasalamu’alaikum Wr. Wb

Harus dibaca juga..


– Yusophin Dwi Hermawa/ yusophin.dvm@gmail.com

Red. Haram.

Adakah Mursyid untuk saya di Jember?
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Saya merasa membutuhkan mursyid yang ditugaskan Allah untuk membimbing saya, agar bisa segera kembali berjalan di orbit yang telah Dia tetapkan untuk saya.Terima Kasih.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Yayok Haryanto / bapak_e_fatih@yahoo.com

Cari Mursyid
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Saya ingin bertemu mursyid, untuk improvement spiritualitas. Mohon bantuannya.
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Yudhi / anwari27@yahoo.co.id
Red.
Carilah Mursyid yang karakternya pernah kita tulis, lalu istikhorohlah.

Pernyataan makam wali
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Di desa kami ada sebuah Masjid yang tidak diketahui siapa pendirinya, sehingga dikenal dengan Masjid Tiban dan ada empat buah makam disamping utara Masjid yang dulunya tidak diketahui (tidak ada). Namun sekitar tahun 1976 – 1981 ada rombongan Kyai yang berasal dari Ampel Surabaya yang dipimpin KH. Nawawi ( Ta’mir Masjid Ampel ), K.H. Muhammad Bin Yusuf, Ust. Abdullah dan Ust. Abdullah Muhammad yang kesemuanya telah wafat kecuali Ust. Abdullah Muhammad, mereka mengatakan bahwa di masjid desa kami ada makam kerabat Sunan Ampel dan beberapa orang sholih, namun kerabat yang bagaimana, tidak ada kejelasan dan penjelasan.

Ketika penemuan itu makam-makam tersebut banyak terjadi hal – hal yang tidak lazim terjadi. Akhirnya sejak saat itu diberilah 4 (empat) buah nisan disamping utara masjid dg nama sbb: Sayyid Abdul Fatah (dipercaya kerabat dekat Sunan Ampel), Mbah Ahmad Katsiron, Mbah Muhammad Thoyyib,dan Mbah Siti Maryam. Satu dan lain hal, KH.

Miftahul Luthfi Muhammad Attijany, Pengasuh Ma’had Al ‘Ibadah Tambak Bening Surabaya menulis dan meliput dalam sebuah buletin bulanan yang diterbitkan Ma’hadnya,menyatakan bahwa Sayyid Abd. Fatah adalah putera Sunan Giri, setelah kami konfirmasi beliau hanya bisa menjawab, “ Hanya sampai disitu kemampuan saya, selebihnya cari sendiri”.

Sedangkan kami Remas berusaha menyusuri hal itu (Kejelasan Sejarah dan Keberadaan Makam-makam tersebut) diantaranya ke yayasan makam Sunan Giri dan didapat informasi bahwa ada dzurriyyah Sunan Giri yang yang mungkin bisa dimintai keterangan, yang tidak lain adalah K.H. Ahmad Asrori Al Ishaqi, sedangkan di Makam Maulana Malik Ibrahim, yang kami dapati adalah pernyataan” Tidak ada dzurriyyah Sunan Giri yang bernama Sayyid Abdul Fatah “, hanya di Ampel kami mendapat respon bagus, namun tidak ada yang tahu pasti, kalaupun ada yang tahu, mereka enggan bercerita dengan alasan” dengar- dengar”.

Sejalan dengan pencarian data dan fakta sejarah keberadaan Masjid dan makam – makam tersebut perlu diketahui bahwa :

Setiap tahun sekitar tanggal 15 – 17 Dzulhijjah sejak 17 tahun yang lalu masyarakat di Desa kami mengadakan Haul ( seminggu setelah Hari Raya Idul Adha ). Namun esensi / inti dari Haul dimaksud masih kurang jelas, seperti :
Siapakah yang dihauli, Kenapa dihauli, Seberapa jauhkah perjuangannya terhadap keberadaan Syi’ar Islam di Desa kami, Bagaimana perjalanan hidupnya ( Sejarah Kehidupannya ), dan bagaimana asal usulnya yang jelas?.
Selain hal tersebut diatas, di desa sebelah kami ada sebuah Candi ( Candi Tawang Alun 1,8 km dari Masjid Al Barokah ) dan beberapa makam kuno yang berada disekitar wilayah Pangkalan Udara TNI AL Juanda.

Pertanyaan kami:

Benarkah keberadaan makam – makam tersebut seperti diceritakan diatas ? Jika benar bagaimana kami menyikapinya?
Bisakah Sejarah Hidupnya disusuri kembali?
Bagaimana sejarah (data dan fakta) tentang makam-makam tersebut?

Semoga Jawaban Ustadz memberi kesejukan & keteduhan bagi kami. Apabila dalam penulisan ada kata / hal – hal yang kurang berkenan dihati Ustadz, mohon ma’af yang sebesar – besarnya. Atas jawabannya disampaikan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb
– Mu’afi / Nolokerto@yahoo.com

Red.
Silakan telusuri dan bertanya pada ahlinya.

Masalah keluarga
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Perkenalkan nama saya didit dari Surabaya, saya sering ikut pengajian pak lukman di masjid Al-Akbar, begini Pak Lukman skrg saya lagi nganggur gak ada kerja trus istri saya juga gak kerja tapi kami ada usaha warnet di Surabaya sudah berjalan 2 tahun. Lalu saya ada tawaran kerja di Sanyo bagian marketing tapi istri saya gak setuju karena perusahaannya menurut istri saya melakukan bisnis kotor(seperti itu), tapi kenyataan di lapangan tidak ada seperti itu.

Istri saya menyimpulkan lewat wiridan, mimpi, perasaan saja dll. Bagamana saya menyikapi masalah tersebut karena saya butuh kerja untuk menafkahi istri dan anak saya. Seperti kata pepatah kesempatan datangnya tidak dua kali. Demikian kisah saya, dan minta tanggapan dari Pak Lukam beserta solusinya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
– Didit / Surabaya
Red.
Istikhoroh.

Mohon bantuan
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Pengasuh Cahaya Sufi, Lelah rasanya mengejar dunia, lelah pula rasanya dikejar ketakutan.
Lelah rasanya mengikuti nafsu, lelah pula rasanya diikuti masalah.
Ya Allah, mohon petunjuk-MU kemana saya harus mencari seorang mursyid ? 
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Denny ganjar purnama / denny_ganjar@yahoo.com
Red.
Hubungi redaksi Cahaya Sufi.

Bingung & hampa
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Saya ingin berkonsultasi atau ingin belajar tentang sufi karena sekarang saya merasa hampa, tolong berikan alamat guru sufi terdekat di klaten jawa tengah.
 Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Aoriyanto tri murton / th3514@yahoo.com
Red:
Ke Mbah Mad Dalhar Watucongol saja yang dekat.

Cara mensucikan ruangan
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Di salah satu ruang di rumah saya, akan saya jadikan ruang khusus untuk sholat. Pertanyaan saya adalah, Bagaimana cara mensucikan ruangan tersebut? Apa cukup dengan disiram air?
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Ainur rozikin / marketiva.lombok@yahoo.com

Red.
Tanya Ustadz atau Kyai terdekat.

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.