Surat Pembaca Edisi Februari 08

Syadiziliyah di Denpasar
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Mohon diberi alamat dimana Thareqat Syadziliyah di Denpasar?
Wasalamu’alaikum Wr. Wb

Harus dibaca juga..

– Hanafiah.AR
hanaviah_aer@yahoo.com
Red:
Belum ada. Kalau anda ke Jawa Timur, coba ke PETA, Jl. KHA Wahid Hasyim 27 Tulung Agung

Mohon bimbingan (1)
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Sebenarnya saya tertarik untuk asuk ke dunia sufi. Kira-kira thareqat apa yg cocok untuk anak muda seperti saya? (saya berusia 20 th).Meskipun demikian saya, masih ragu-ragu karena takut belum bisa menjalankan thareqat tersebut.
Mohon bimbinganya, dan tolong juga beri info tentang mursyid yg ada di Semarang, Jawa Tengah.  Terimakasih
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Chafiya /fiahzid@yahoo.com

Mencari guru sejati (2)
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Saya adalah anak muda yang sedang mencari seorang guru sejati yang memang ditakdirkan untuk membimbingku untuk dapat menemukanNya, namun aku tak tahu mesti kemana mencarinya.
Dapatkah kiranya memberitahu saya bagaiman langkah yang mesti aku ambil saat ini? saya hanya pendosa yang berprofesi sebagai Oficce Boy.
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Chafiya / fiah@yahoo.com
Red:
Nah, edisi kemarin pertanyaan anda sudah terjawabkan?

Cari Mursyid
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Pak ustad, saya mau cari musyrid di daerah pekalongan &  batang ada gak? Kalau iya saya boleh minta alamat dan no teleponnya?
 Dan gimana caranya agar saya bisa ketemu sama bapak. Aku malu kalo telah banyak dosa dan ingin memperbaiki  diri.
 Aku ingin bertatap muka langsung agar bisa curhat lebih mendalam. Aku ingin berubah menjadi lebih baik tolong di jawab yach pak? makacih
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Koment / koment_strezz.co.id
Red
Coba ke  Mbah Ahmad Watucongol atau Habib Luthfi Pekalongan, atau ke Pesantren Futuhiyah Mranggen.

Amalah Bismillah
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Kepada Yth Bp. Lukman Hakim, sebelumnya saya sampaikan bahwa sampai dengan sekarang saya sudah mengamalkan Asyfa’ setiap ba’da shalat maghrib dan subuh. Dalam hal ini yang mau saya tanyakan adalah bagaimana caranya dan pada waktu apa saja saya dapat mengamalkan amalan Basmalah sebanyak 1111x.
Sebelumnya saya sampaikan banyak terima kasih atas perhatian bapak.
Terima Kasih
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Swastika /  egpos08@yahoo.com
Red:
Asyfa’ saja dulu di amalkan

Suluk Naqsyabandiyah
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Sebelumnya mohon maaf. Saya mau tanya tentang bagaimana tata cara suluk Naqsabandiyah, sebab saya jauh dari mursyid dan kepingin melakukan suluk.
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Abdul fatah /fata_naqsabandi@yahoo.com
Red:

Silakan konsultasi ke Musryid anda.
Penuh dosa boleh berthoriqoh?
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Masa lalu saya penuh dosa, sedang  pengetahuan agama Islam saya sangat minim, dengan sepercik kesadaran. Apa saya bisa mengikuti thoriqot..? Mohon jawaban terima kasih
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Untung s. /
syahbudi_8@telkom.net
Red:
Boleh dan segera!

Hati semakin gersang
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Hati ini semakin keruh. Saya sering juga ikut pengajian tapi kok belum juga ketemu pengajian rohani (tasawuf) mohon ditanggapi. Hati ini sudah semakin gersang, saya butuh seorang guru yang dapat membimbing saya kehadirat Allah Sang Maha Welas Asih.Syukron
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Ekoanang / ekoanang@yahoo.com
Red:
Banyak pengajian tasawuf, kalau kebetulan anda di Jakarta ikuti saja jadwal kajian tasawuf yang ada di majalah Cahaya Sufi.

Lawan malas
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Ketika saya di beri motivasi oleh seorang guru di sekolah, pada waktu itu juga saya mau melakukan, tapi ketika sampai di pondok(soalnya saya kan anak pondok) bukan memamerkan diri, tapi memang kenyataannya.

Saya enggan untuk mengerjakannya maunya hanya guyon, jalan-jalan, nyantai mulu tidak mau buka buku sama sekali, kalau saya mau buka buku paling-paling buku novel, tidak suka sama buku ilmiah. Gimana cara menghilangkan rasa malas itu? terimakasih.
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– taufan Bachtiar  / taufanbachtiar@yahoo.co.id
Red:
Lawan malasmu. Malas itu nafsu bukan?

Mengurangi makan dan tidur
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Apa benar kalau sufi itu harus mengurangi makan dan tidur.
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– rwan purwanto
Red:
Bukan hanya para sufi, seluruh ummat Islam sebaiknya mengurangi makan dan tidur, sebagaimana tradisi para nabi dan sahabatnya.

Terima kasih nasehatnya
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Al-hamdulillah..! Yang telah memperkenankan saya bertanya pada anda dan tak lupa saya ucapkan terima kasih atas nasehat-nasehat anda pak, melalui nasehat anda Allah memberikan anugerah pada saya sehingga saya diberi kemudahan melatih hati saya untuk ber dzikir kepadaNYA Di setiap keadaan.

Sungguh, tak terhingga ilmu yg saya dapatkan dari anda (majalah yang anda asuh). Melalui majalah CS ini sehingga saya diberi pengetahuan oleh Allah apa-apa yg sebelumnya tidak saya ketahui.
Tak lupa sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW keluarga dan sahabat-sahabatnya serta orang-orang saleh yg mengikuti jejaknya..!
Akhir kata Wasalamu’alaikum
Wr. Wb
Budy_rocker@yahoo.co.id

Ingin masuk dunia Sufi
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Redaksi majalah CS yang terhormat, saya tinggal di Tegal dan ingin lebih mendalami dunia sufi.
Untuk itu saya selalu membeli buku-buku yang berkaitan dengan ilmu tasawuf. Tapi selama ini saya belum bisa merasakan perubahannya.
Apa karena saya tidak memiliki mursyid. mohon bimbingannya. trus kalau di tegal dimana saya bisa mencari mursyid? Terimakasih.
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Asyeikh / Syekhu_ahmad@yahoo.com
Red:
Coba datangi kantor NU setempat mana pondok pesantren yang kyainya mengajarkan kitab-kitab tasawuf.

Kiamat sudah dekat
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Pak, sepertinya kiamat sudah dekat (dengan banyaknya Bencana & sulitnya memprediksi alam semesta ini ) & informasinya akan ada meteor yang akan menabrak Bumi (Perkiraan NASA).
Apakah sudah tidak ada lagi yang menyebut Allah..Allah.. yang langsung diterima Allah sehingga kiamat ditunda lagi sampai 40 tahun ?
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Yuandianto /
yuandianto@gmail.com
Red:
Wah, kiamat sudah jadi komoditas dunia, ya?

Bid’ah menurut Sufi
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Minta uraian yang jelas masalah bid’ah menurut tafsir para sufi.
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Anang /
ekoanang@yahoo.com
Red:
Jika ada yang membid’ahkan tasawuf, maka membid’ahkan itulah bid’ah paling sesat. Karena tasawuf adalah ajaran paling inti di dalam Islam, inti dari Al-Qur’an dan Sunnah Nabi.

Kajian Sufistik para Nabi dan Rasul
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Pak Luqman, dalam majalah ini, banyak mengkaji tentang pandangan dan atau kisah secara sufistik dari banyak ulama besar, baik dari Golongan Syekh Abdul Qadir Al Jilani atau lainnya, terutama yang berisi bagaimana caranya hidup, tapi sangat jarang membahas secara sufistik tentang para Nabi atau Rasul Allah, misalnya mungkin kenapa Nabi Sulaiman menjadi mahluk paling kaya atau Nabi Isa menjadi Mahluk paling Faqir.
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Diar / smpn6sby@yahoo.co.id
Red:
Terimakasih, sebagian sudah pernah kita muat, khususnya Nabi Muhammad Rasulullah saw.

Mursyid di Jambi
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Ada nggak mursyid di Jambi? Majalah CS udah lama beredar di jambi, kira2 kapan CS akan mengadakan pengajian di Jambi?
Seharusnya CS bisa membuat jadwal pengajian di daerah2 dimana CS telah beredar.
Minimal sekali sebulan. Sehingga para pembaca (khususnya diluar pulau jawa) bisa lebih memahami, atau bahkan memasuki dunia terekat.
Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Riko / riiikoo@gmail.com

Red:
Insya Allah di tahun ini CS ke Jambi.

Nikah batin
Assalamu’alaikum Wr. Wb
1. Apa yang dimaksud dengan nikah bathin.
2. Bagaimana tatacaranya.
3. Apakah diharuskan
4. Apakah Rasulullah melakukannya.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb
– Yusuf hidayat /
break_thian@yahoo.com
Red:
Nikah bathin itu tidak ada. Kalau toh pun ada hanya sebagai istilah bagi orang yang menikah dengan akhirat, dengan cara berthoriqoh. Hanya istilah metafor belaka.

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.