Sufisme di Inggris

Sufi ternyata mendapatkan tempat di negeri ratu Elisabeth. Bahkan mempunyai sebuah komunitas yang diakui pemerintah. Baru-baru ini di kota Manchester ada sebuah hal yang lain dari biasanya. Calon pewaris

Harus dibaca juga..

tahta kerajaan Inggris Pangeran Charles hadir dalam sebuah acara keagamaan dengan nauansa sufi yang kental. Kehadiran putra mahkota ini tidak lain untuk meramaikan acara perayaan “kontribusi budaya dan warisan sufi kehidupan modern Inggris.” Pangeran Charles hadir sebagai tamu kehormatan. Ia disambut oleh para seniman, para pemimpin agama dan musisi.

 

Di Inggris sendiri sufi berkembang pesat.  Bahkan dalam Aula Gereja St. Peter di Maide Vale, London Barat, kadang terdengar suara musik spiritual namun tidak ada hubungannya dengan ibadah Misa Nasrani. Nama Allah dialunkan oleh sekitar selusin. Mereka  bertemu setiap minggunya untuk menghadiri tarian melingkar Sufi di aula gereja yang disewa. Mereka dikenal dengan sebutan komunitas ‘’lingkaran sufi’’. Anggotanya  tersebar di seluruh inggris. Komunitas ini mempraktekan tarian sufi sama. Menurut salah satu anggotanya Mohamed Ali, aktivitas tersebut semakin populer di negara-negara Eropa. “Saya dapat mengatakan dari jumlah orang yang menghadiri ritual ‘’lingkaran sufi’’ dan juga dari masjid-masjid yang digunakan untuk praktik sufisme yang dipimpin oleh seorah Sheikh (mursyid),” katanya.

Dua tahun lalu, Ruth Kelly, politisi dari partai buruh menghadiri peluncuran Sufi Moslem Council (SMC) di Gedung Parlemen. Organisasi ini  diluncurkan pada tanggal 19 Juli 2006. Ia memuji prinsip inti dewan sufi yang menolak keras dan menyalahkan segala bentuk terorisme SMC menyusun misi yang jelas: menghadapi ekstrimisme dan menghindari segala bentuk politisasi Islam. “Fokus kita ialah kepada Muslim Inggris yang menganut sufisme” kata Haris Rafiq salah satu pendiri dewan. “Kita hanya terlibat dalam kegiatan dzikir,” ungkap Amjad Patt–salah satu dari imigran Muslim di Inggris asal India. “Islam ialah agama rahmat,dan mengijinkan adanya perbedaan didalamnya, termasuk sufisme,” imbuh Ali tegas. Tak ayal lagi, kritik saling serang itu menimbulkan perang dingin di antara sebagian penganut sufisme dan warga muslim lain, yang notebene sama-sama pemeluk Islam.

SMC adalah organisasi nirlaba, organisasi keagamaan non-pemerintah yang didedikasikan untuk bekerja untuk kepentingan Islam.Kelompok ini mengklaim mewakili umat Islam sufi Inggris. SMC juga menyatakan bahwa 80% dari 2 juta lebih penganut muslim di Inggris berasal dari tradisi Sufi. SMC berdiri dengan dukungan pemerintah dan kelompok-kelompok keagamamaan lainnya. SMC menyatakan bahwa hal itu berbeda dari kebanyakan kelompok-kelompok Islam Inggris. SMC sangat menghindari politik dan cenderung untuk melihat Muslim Inggris sebagai bagian dari masyarakat Inggris mainstream bukan terpisah.

Oleh: Nurul Huda

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.