Ribakan simpan pinjam koperasi?

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Harus dibaca juga..

Ustadz Luqman yang terhormat. Saya menjadi anggota koperasi di sekolah tempat saya mengajar. Di koperasi kami ada usaha dagang bersama yang dikelola oleh petugas yang ditunjuk oleh pihak pengurus. Disamping usaha dagang bersama ada juga koperasi simpan pinjamnya (uang). Pada setiap tahun tertentu sebagai pengurus membagikan hasil dagangannya pada semua anggota.

Yang ingin saya tanyakan bolehkah jika dalam pijam uang di koperasi memakai yang namanya infaq, dan keuntungan dari infak itu dibagikan kepada semua anggota sebagai keuntungan dari hasil usaha dagang? Termasuk infaq uang jika anggota pinjam uang? Terima kasih atas penjelasannya.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb
Siti Nurjannah – sitinurjannaxx@yahoo.co.id
Jawab:
Jika pinjaman yang berbunga apa pun dalam koperasi itu, bila tidak digunakan untuk kepentingan produktif semacam dagang, semisal untuk kepentingan konsumtif atau hal-hal yang tidak produktif, maka bisa riba.
Jika sebuah koperasi apa pun yang melakukan simpan pinjam, bahkan yang melakukan juga anggota koperasi itu, jika produktivitas dan laba koperasi itu justru mengandalkan dari peminjaman anggotanya, itu pun juga riba.
Karena itu dimaksudkan dengan koperasi justru meningkatkan kesejahteraan secara produktif, menolong anggotanya. Disinilah jika tidak digunakan bisnis produktif, menjadi salah.
Pinjam uang di bank pun kalau untuk kepentingan konsumtif bisa riba hukumnya.

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.