Penyimpangan

Sayidina Ali KWH

Harus dibaca juga..

  1. Ketamakan dan kesombongan adalah pendorong bagi perbuatan dosa.
  2. Rusaklah kehormatan orang yang lemah jiwanya.
  3. Tiga hal yang kerusakannya tidak dapat diperbaiki sama sekali: permusuhan di antara keluaga dekat, saling mendengki di antara orang-orang yang sepadan, dan kelemahan para raja (penguasa).
  4. Imam Ali a.s. pernah ditanya, “Perkara apakah yang hukumannya disegerakan dan yang paling cepat kematian bagi pelakunya?” Imam Ali a.s. menjawab, “Ia adalah kezaliman yang tidak ada penolong bagi orang yang dizaliminya kecuali Allah, membalas kenikmatan (kebaikan) dengan penyia-nyiaan, dan kezaliman orang kaya terhadap orang fakir.”
  5. Enam golongan manusia tidak akan pernah berpisah dari kesedihan, yaitu: (pertama), orang fakir yang baru saja menjadi kaya; (Kedua), orang yang banyak hartanya yang mengkhawatirkan hartanya; (Ketiga), orang yang mencari kedudukan yang melebihi tingkatannya; (Keempat), orang yang dengki; (Kelima), pendendam; (Keenam), orang yang bergaul dengan orang yang beradab, tetapi dia sendiri bukan orang yang sopan santun.
  6. Hati-hatilah terhadap kemunafikan di dalam beragama.
  7. Ada tiga hal yang membinasakan, yaitu: (pertama), kesombongan. Sebab, lantaran kesombongan inilah iblis diturunkan dari kedudukannya. (Kedua) , ketamakan. Sebab, karena ketamakan inilah Adam dikeluarkan dari surga. (Ketiga), kedengkian. Sebab, kedengkian inilah yang mendorong anak Adam (Qabil) membunuh saudaranya (Habil).
  8. Empat hal, yang sedikitnya adalah banyak, yaitu: api, permusuhan, penyakit, dan kefakiran.
  9. Alangkah buruknya pemutusan hubungan setelah terjalin hubungan, kekasaran (perangai) setelah terjalin persaudaraan, permusuhan setelah terjalin kecintaan, berkhianat kepada orang yang telah percaya kepadamu, dan melanggar janji kepada orang yang telah menyerah kepadamu.
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.