Jangan Terlalu Salahkan Diri Sendiri

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Pak, saya sedih sekali ditinggal ayah saya, ketika saya lagi kerja seminggu. Saya rasanya belum ikhlas, karena selama ini saya memberi nafkah belum cukup bagi saya. Karena saya belum mengurusnya sampai akhir hayat. Apakah saya pantas bersedih setiap ingat almarhum.
Satu lagi mohon petunjuk untuk meng-qodho puasa ayah, selama bulan ramadhan.

Harus dibaca juga..

Wasalamu’alaikum Wr. Wb
0878831xxxxx

Jawab:
Bersedih boleh saja, tetapi jangan sampai membuat anda galau dan putus asa, apalagi terus menerus menyalahkan diri sendiri. Nanti syetan bisa masuk dan memberi godaan yang justru membuat anda semakin menderita dan pedih.

Pertanyaan buat anda, apakah jika anda bisa membalas budi orang tua anda dengan harta dan fasilitas, yang berlebih anda sudah impas balas budi anda? Apakah jika anda bisa merawat secara penuh sakitnya, hingga seluruh biaya anda keluarkan semua, bahkan orang tua anda merasa puas, apakah itu juga sudah impas?

Orang tua anda (almarhum) tidak mengharapkan itu semua. Baru akan sejuk hatinya, jiwanya, dan damai, manakala anak-anaknya bisa menjadi anak-anak yang sholeh dan sholihat, mau mendoakan kedua orang tuanya, benar-benar menjadi hamba yang berbakti kepada Allah dan mengikuti jejak RasulNya. Karena kesalehan putra dan putrinya adalah cahaya bagi kuburnya. Tetapi kalau anda putus asa dan frustrasi, malam membuat galau orang tuamu.

Rasanya sangat terhina di kuburan, manakala balasanmu kepadanya adalah fasilitas dan harta dunia. Duh, anda menjadi anak yang sangat sombong kalau begitu. Anda timbang orang tua anda dengan harta dan dunia. Ini malah durhaka namanya.

Saya sarankan setiap habis sholat anda jangan lupa hadiah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan an-Naas kepada kedua orang tuamu.

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.