Fri04182014

Last update01:12:12 AM GMT

Back Masail Sufiyah Melewati Tangga Ma’rifat?

Melewati Tangga Ma’rifat?

  • PDF

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Gus Luqman yang saya hormat. Saya menyukai segala sesuatu tentang tasawwuf. Saya ingin bertanya, Bagaimana caranya seseorang agar tidak dapat tersesat saat menuju tangga ma’rifat

Dan bagaimana caranya kita bisa melewati tangga ma’rifat, seperti kita berperilaku ikhlas saat pada tingkatan tertentu, tolong dijelaskan!
Terimakasih atas perhatiannya.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb
Achmad Hisyam - This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Jawab:

Ma’rifat itu dari Allah swt, bukan dari dirimu. Manusia tidak bisa ma’rifat kepada Allah dengan kemauan dan caranya sendiri. Sedangkan mengenal diri saja manusia kesulitan dan malah gagal, apalagi mengenalNya. Kita bisa mengenalNya semata karenaNya, hidayah dan inayahNya.
Agar anda tidak tersesat anda harus dididik secara thariqah oleh Mursyid yang kamil mukammil, agar tangga ma’rifatullah itu tercapai, hingga anda menemukan hakikat yang sejati.

 

Sang Mursyid akan mendidik sesuai dengan kapasitas ruhani anda, bukan menurut cara pandang dan berfikir anda namun menurut cara pandang sang mursyid.

Maqomat seperti ikhlas, syukur, tawakkal dan ridho, mahabbah adalah buah dari proses pengenalan anda kepada Allah swt, sekaligus sebagai akhlaq jiwa yang harus dijaga dan ditingkatkan terus menerus.

Tasawuf sebagai ilmunya, thoriqoh adalah amalnya, dan ma’rifat adalah buahnya, serta hakikat adalah tujuannya. Sebaiknya anda berthoriqoh, dan sebelum berthoriqoh hendaknya beristikhoroh lebih dahulu mohon petunjuk kepada Allah agar diberi hidayah thoriqoh mana yang manfaat bagi dunia akhirat anda.

 

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com