Mon04212014

Last update01:12:12 AM GMT

Back Masail Sufiyah Asal Mula Tasawuf

Asal Mula Tasawuf

  • PDF

S. Assalamu’alaikum wr. wb.
Saya ingin mengetahui, dari manakah ajaran tasawwuf itu sebenarnya? Saya mohon di jawab sejelas mungkin! Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr. wb.

J. Ajaran Tasawuf dari mana? Ya dari Allah Subhanahu Wata’ala. Bukan dari pemikiran, kebudayaan atau filsafat. Tasawuf merupakan intisari seluruh ajaran para Nabi dan Rasul, dan mencapai keparipurnaannya di zaman Rasulullah Sayyidina Muhammad saw., lalu diwariskan kepada para Sahabat, para Tabi’iin, hingga tersebar ke seluruh dunia.

Anda masih ingat tiga ajaran amaliyah yang ditanyakan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi saw? Apakah Islam, apakah Iman dan apakah Ihsan.
Nah, semua dijawab oleh Nabi saw, dengan benar dan dibenarkan oleh Jibril as, dan pada perkembangannya, Islam menjadi disiplin ilmu syari’at, Iman berkembang menjadi disiplin ilmu akidah, serta Ihsan berkembang menjadi disiplin Ilmu Tasawuf. Dalam Al-Qur’an disebutkan “ Dan sesungguhnya kami benar-benar bershaf-shaf (dalam menjalankan perintah Allah).” (Ashooffaat: 165)

As-Shshooffun, dalam ayat tersebut menunjukkan kata Sufi memang ada sumbernya dalam Al-Qur’an dan sejumlah ayat lain yang cukup banyak. Bahkan mulai dari Basmalah, Al-Fatihah hingga an-Naas, semuanya memiliki dimensi sufistik dalam pemaknaan hakikinya.

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com