Imam Syafi’i dan Imam Hambaly berthariqat?

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Saya ingin menanyakan apakah imam syafi’i dan imam hambali mengikuti thoriqah?
Dan apakah orang yg bukan pesantren seperti saya tidak pantas berthoriqah?
Syukran Ustadz……

Harus dibaca juga..

Wasalamu’alaikum Wr. Wb
Singgih – singgih****@ymail.com


Jawab:

Imam Syafi’I dan muridnya, Imam Ahmad bin Hambal, adalah para Mujtahid Muthlaq, yang senantiasa menjadi panutan dunia Islam. Namun, selain sangat hebat sebagai imam hadits maupun imam di bidang fiqih, keduanya adalah tokoh-tokoh Sufi luar biasa yang juga berthariqat Sufi. Walau pun pada masa mudanya Imam Ahmad bin Hambal menjauhi kaum Sufi, namun ketika matang usia dewasanya, beliau sangat mengajurkan murid murid dan keluarganya untuk bergabung dengan para Sufi.

Imam Malik dan Imam Hanafi juga berthariqat Sufi, bahkan Imam Hanafi adalah seorang Mursyid Thariqat Sufi yang luar biasa.

Hanya saja para Imam Mujtahid itu lebih menonjolkan bidang fiqihnya, sementara bidang tasawufnya justru menjadi amaliyah sehari-hari, karena rahasia hubungan dengan Allah swt, tetaplah terjaga dalam rahasia batinnya. Bahkan mereka semua pun juga menjadi panutan kaum Sufi sesudah generasinya. Namun sejarah tidak banyak memuat wacana atau hikmah-hikmah sufinya.
Syarat masuk thatriqah bukan harus pernah di pesantren. Malah banyak alumni pesantren tidak berthoriqoh, karena kebetulan Kiainya tidak memasuki thariqah Sufi, hanya mendalami ilmu-ilmu tasawufnya saja.
Jadi beruntunglah anda dan salah satu kelangkaan ummat Islam di dunia, adalah orang thoriqoh yang benar-benar mengamalkan ajarannya.

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.