Halalkah hewan yang memakan najis?

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Harus dibaca juga..

Begini pak kyai. apakah hukumnya memakan makanan hewan yang halal tapi hewan tersebut memakan yang haram. Contoh ayam negeri/ternak sekarang  makanannya pakan ternak yang bahan bakunya dari luar/dalam negeri salah satunya dari bagian hewan seperti dari tulang atau sumsum hewan yang belum jelas kehalalannya.
Kita ambil pahitnya saja yaitu bahan bakunya dicampur tulang/sumsum babi. nah bagaimana hukumnya apakah tetap halal dimakan , Terimakasih.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb
Muhammad Zein Permana – zein[]yahoo.co.id
Jawab:

Lha, kalau hewan menjadi haram dagingnya gara-gara makan barang najis, semua ikan di sungai bisa haram semua karena makan kotoran manusia. Haram itu terbagi dua; bidzaatih (aslinya sudah haram) dan bighoirih (haram karena faktor lain).

Bidzatih seperti babi, anjing dan hewan yang sudah diharamkan dalam Al-Qur’an maupun sunnah Nabi saw. Ada karena faktor lainnya, seperti makan hewan hasil curian, hasil korupsi, hasil merampok dan sebagainya.

Begini saja. Kotoran yang masih diperut anda itu najis apa tidak? Kalau najis berarti anda kemana-mana membawa najis, tidak pernah sah sholat anda. Yang disebut najis itu kalau sudah keluar dari jalannya (dubur, maaf, pen) bukan? Kalau anda makan kotorannya binatang ya haram.

Bagi para binatang sendiri tidak terkena khitob atau tuntutan harus makan makanan yang halal. Karena binatang itu tidak mukallaf dan tidak terkena tugas menjalankan hukum halal haram.

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.