Festival Urs, Perayaan Memperingati Wafatnya Pemimpin Tarekat Chistiyyah di India

sufinews.com. Baru-baru ini Perdana Menteri India Narendra Modi pada memberikan ‘chadar’ untuk dihadiahkan dalam festival Urs ke 811 yang berlangsung di Ajmer Sharif Dargah India. Festival tersebut merupakan adalah haul atau peringatan hari wafatnya salah satu tokoh tarekat Chistiyyah yang masyhur di India yaitu Syaikh Muinuddin Chisti.

Harus dibaca juga..

Pada hari keenam Festival Urs dianggap sebagai hari yang paling istimewa dan memberikan berkah. Hari itu disebut dengan “Chhati Syarif” yaitu tanggal 6 Rajab yang berlangsung antara pukul 10:00 dan 13:30


Festival Urs telah menjadi festival tahunan yang selalu ramai dikunjungi puluhan ribu orang di Ajmer , Rajasthan , India. Cara ini diadakan selama enam hari dan menampilkan nyanyian dzikir (zikir), musik qawwali atau musik para sufi Asia Selatan sepanjang malam. Peringatan itu dirayakan pada bulan Rajab. Ribuan peziarah dari seluruh India dan luar negeri mengunjungi maqam syekh Muinuddin Chisti.

Pada hari keenam Festival Urs dianggap sebagai hari yang paling istimewa dan memberikan berkah. Hari itu disebut dengan “Chhati Syarif” yaitu tanggal 6 Rajab yang berlangsung antara pukul 10:00 dan 13:30 di dalam Mazaar Sharif atau kompleks makam. Di hari itu Shijra atau pohon silsilah yang terkait dengantarekat Chistiyyah dibacakan yang kemudian diakhiri dengan Fariyad atau doa.

Ada beberapa rangkaian acara dalam peringatan tersebut, yaitu:

  1. Ziyarat arau ziarah. Ribuan akan berkunjung ke makam dan yang unik tidak hanya umat Islam tetapi juga pemuja orang-orang dari semua agama berkumpul dan berpartisipasi dalam Ziyarat.
  2. Upacara Pengibaran Bendera. Setelah prosesi ziarah selesai diadakan upacara pengibaran bendera sebelum dimulainya festival. Sejumlah besar umat hadir selama upacara ini.
  3. Pembukaan Jannati Darwaza yaitu membuka gapura besar berlapis perak yang terdapat di kompleks makam dargah. Konon jika seseorang melewati ambang gerbang ini dengan cara tertentu dan dengan dan mengulangi tindakan ini selama tujuh kali berturut-turut, maka dia pasti akan mendapat tempat di surga. Darwaza ini dibuka pada hari pertama Urs.
  4. Pertunjukan Qawwali. Dengan dimulainya festival Urs maka konser musik qawwali juga diselenggarakan sepanjang malam hingga perayaan berakhir. Banyak penampil Qawwali yang dihormati menyemarakkan panggung dengan penampilan mereka yang ikonik dan memukau.
  5. Upacara Penyalaan Lilin. Ini menjadi tugas para Khadim atau pelayan makam untuk membaca Shijra yang merupakan doa atau penegasan ilahi. Setelah itu, lilin dinyalakan untuk menghormati Khwaja Gharib Nawaz. Namun, sebelum dinyalakan, lilin-lilin ini disentuhkan di kepala setiap pemuja yang hadir di dargah.
  6. Pertunjukan oleh Qalandars. Pertunjukan tarian ritual oleh Qalandars ini dianggap sebagai salah satu poin penting dari festival Urs. Qalandar pada dasarnya adalah orang-orang yang tergabung dalam tarekat dan menjalani dunia sufi.
  7. Chhati Sharif. Ini adalah hari keenam dan terakhir festival Urs. Itu dianggap sebagai hari Urs yang penuh dengan berkah. Menurut kepercayaan, pada hari inilah Khwaja Moinuddin Chishti mengunci diri di sebuah ruangan dan melakukan uzlah selama enam hari.
  8. Badhaawa. Ini adalah pembacaan syair yang dilakukan di pintu masuk utama kuil yang diiring sebuah dentuman meriam untuk sebagai simbol perayaan telah selesai.( dari berbagai sumber)
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.