Arti Persahabatan bagi Seorang Sufi Besar

Sebuah kisah mengharukan datang dari Ibrahim bin Adam. Sufi yang satu ini mempunyai tempat khusus dimata para sahabatnya. Ibrahim adalah sosok sahabat sejati. Sufi yang masyhur ini mempunyai kisah yang bisa dijadikan teladan hingga sekarang.

Harus dibaca juga..

Disadur dari  Kitab Risalah Qusairiyah bahwa Ibrahim bin Adam bekerja sebuah sebuah kebun. Kebun tersebut dikelola dengan baik dan hasil yang diperolehnya kemudian dinafkahkan kepada para sahabatnya. Ketika siang hari Ibrahim bekerja dengan keras, tekun dan penuh dengan semangat.

Seperti pada pekerja lainnya, malam adalah waktu untuk berkumpul di tempat yang sunyi. Suatu saat Ibrahim pulang terlambat. Padahal teman-temannya telah menunggu. Dihadapan mereka tersedia makanan yang siap untuk disantap. Namun mereka tidak langsung melahapnya karena menunggu Ibrahim bin Adam datang. Waktu pun semakin larut, Ibrahim tak jua datang. Salah satu dari sahabatnya itu kemudian berkata,” Mari kita santap saja makana yang terhidang ini.” Maka mereka semua kemudian memakan hingga habis. Setelah kenyang mereka langsung tertidur nyenyak.

Tak lama kemudian datanglah Ibrahim bin Adam. “ Kasihan. Tampaknya mereka tertidur karena belum makan,” guman Ibrahim melihat teman-temannya yang tertidur lelap.

Kemudian Ibrahim mengambil tepung dan mulai memasak makanan. Ia menyalakan api dan mulai mengadon bahan-bahan makanan yang ada. Bejana kemudian diletakkan diatas tungku. Ketika itu para sahabatnya bangun. Salah satu dari mereka kemudian berkata,” Apa yang kamu lalukan wahai sahabatku Ibrahim.”

“ Saya mau memasak, barangkali kalian tidak mempunyai makanan sampai tertidur. Saya ingin kalian bangun dan menyantap makanan yang saya sediakan nanti. Sekarang saya masak makanan dulu.” Jawab Ibrahim.

Mendengar jawaban Ibrahim salah satu diantaranya berbisik kepada rekannya.” Lihatlah apa yang telah ia lakukan kepada kita. Sedangkan apa yang bisa kita lakukan kepada Ibrahim selama ini.”(Nurul Huda)

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top Stories

ADVERTISEMENT

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.